Cerita Sehari Field Engineer Mengajar di SDN Selosari 1,2,3 Magetan

Nama saya Rudi , seorang Field Engineer di salah satu operator telekomunikasi di Indonesia. Mengajar merupakan hal baru bagi saya, dalam keseharian saya yang berkutat dengan peralatan elektronik dan komputer serta melakukan troubleshooting jika terjadi gangguan. Namun pada hari ini, Sabtu 24 Oktober 2015 saya mengajar murid-murid SD di Program Roadshow Kelas Inspirasi Magetan. Semangat dan berani mencoba, itu hal pertama yang terbersit dalam pikiran untuk menghadapi hari itu. Semangat untuk berbagi cerita Motivasi, berbagi pengalaman dan teman-teman baru yaitu para relawan pengajar, relawan fasilitator, murid-murid dan guru-guru di sekolah.

Menceritakan tentang profesi yang saya tekuni “yang istilah-istilahnya terlalu teknis” kepada anak-anak itu merupakan suatu tantangan tersendiri, bagaimana menyederhanakan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Profesi yang saya tekuni biasanya belum terbersit dalam pikiran oleh anak-anak seumuran itu. Pada sesi pertama saya mendapat kelas IIA, dimana usia mereka masih sangat kecil untuk mengerti , namun dengan bantuan alat peraga yang  saya siapkan sebelumnya dan support dari rekan relawan fasilitator yang lebih senior membuat kegiatan mengajar menjadi lancar. Pada sesi kedua saya mengajar kelas VIA yang sudah memiliki pemikiran yang lebih baik , lebih mudah berkomunikasi dan diajak diskusi. Di SDN Selosari
komplek ini lain dari sekolah-sekolah yang diadakan Roadshow Kelas Inspirasi,  murid-murid dalam satu kelas jumlahnya 50 siswa lebih , wow.. banyak sekali dan perlu penanganan khusus bagaimana menguasai kelas, untungnya rekan-rekan fasilitator dengan ringan tangan membantu.

Alasan saya turut ambil bagian menjadi relawan pengajar di Roadshow Kelas Inspirasi ini adalah adanya dorongan dari dalam hati saya untuk berperan dalam kegiatan pembangunan di Magetan, kegiatan Kelas Inspirasi ini merupakan bagian dari pembangunan SDM dari tingkat anak-anak. Pada usia ini  merupakan usia potensial untuk membentuk pribadi dan karakter anak. Selain itu dari kegiatan Kelas Inspirasi ini akan mendapat pengalaman dan inspirasi baru, teman-teman baru dengan kisah inspirasi masing-masing yang bisa menginspirasi diri kita sendiri.

Mengajar di Kelas Inspirasi ini mengajarkan saya bagaimana menghadapi anak-anak dengan berbagai sifat dan perilakunya. Mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang baik memang harus dimulai sedini mungkin. Karena pendidikan tidak hanya mengajarkan bagaimana menguasai suatu mata pelajaran, melainkan pendidikan karakter juga, menjadi anak yang memiliki perilaku mulia. Membangun mental yang baik, sejak usia dini merupakan langkah awal pembangunan bangsa Indonesia yang lebih baik. Salam INSPIRASI ..Salam WOSH ..

Rudi Prasongko, S.ST
Relawan Pengajar Roadshow Kelas Inspirasi Magetan
SDN Selosari Komplek (1,2,3) Magetan
Previous
Next Post »

Kelas Inspirasi

Berhenti mengeluh tidaklah cukup.

Berkata-kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup.

Semua orang dapat turut ambil bagian dalam gerakan ini.

Lakukan aksi nyata.

Sekarang.

(Indonesia Mengajar)

×
Kelas Inspirasi Magetan