Sharing Inspiratif Kelas Inspirasi Magetan Bersama Anies Baswedan

Malam ini (16 Januari 2016) Relawan Kelas Inspirasi Magetan berkesempatan bertemu dengan Pak Anies Baswedan yang sedang berkunjung ke Magetan. Kesempatan emas ini tidak di sia-siakan oleh relawan Kelas Inspirasi Magetan untuk bertemu dengan beliau.

Bertempat di Rumah Makan Bu Setu (sentra ayam panggang di Magetan) puluhan relawan kelas inspirasi magetan berkumpul untuk bersama sharing dengan Pak Anies Baswedan.


Acarapun dimulai dengan pemaparan perkembangan Kelas Inspirasi Magetan oleh salah satu relawan Kelas Inspirasi Magetan. Mulai dari Kelas Inspirasi Magetan pertama yang hanya mengambil 5 Zona Inspirasi, Kelas Inspirasi Magetan 2 yang menyebar di seluruh penjuru kabupaten sampai Kelas Inspirasi Magetan 3 yang digelar di Kecamatan Poncol. 

 
Pak Anies terkesan dengan Kelas Inspirasi Magetan, yang meskipun berada di kota kecil, tetapi berkembang dengan cukup signifikan. Beliau memberi wejangan yang menjadi suntikan semangat bagi kami yang akan melaksanakan Kelas Inspirasi Magetan 3. 

Beberapa quote Pak Anies Baswedan yang menjadi pemantik semangat buat kami adalah : 
Sumbangan terbesar di dalam kelas, bukanlah sumbangan buku atau alat tulis, tetapi sumbangan kehadiran
Mengajar itu penting. Mendidik itu baik. Menginspirasi itu HEBAT. Menggerakkan itu DAHSYAT
Lokasi boleh di kampung, tapi standar tidak boleh kampungan
Dalam kesempatan tersebut para relawan kelas inspirasi magetan juga diberi kesempatan untuk bertanya kepada Pak Menteri.  “Sebagai calon guru dan “guru” untuk anak-anak kami nantinya, bagaimana cara mendidik dengan menjadi fasilitator yang baik?” tanya salah seorang relawan. Jawaban beliau pun juga sederhana “Cara menjadi pendidik yang baik adalah dengan menjadi pembelajar yang baik. Kapanpun, dalam jabatan apapun, tetaplah punya semangat belajar. Jangan pernah berhenti belajar”. Dan kerennya beliau menjawab pertanyaan dengan communication skill yang amat keren, dengan eye contact yang benar menatap mata dari yang bertanya. Beliau juga mengatakan bahwa ada 4 hal yang dibutuhkan dalam pendidikan di masa depan yaitu Communication – Critical Thinking – Creativity – Collaboration.

Sedikit mengutip dari yang disampaikan Pak Anies : “Kelas inspirasi adalah gerakan yang luar biasa, anda bergerak, anda datang, dan anda menginspirasi. Jadilah penyala cita-cita adik-adik di kota Magetan, sehingga mereka mempunyai angan-angan untuk ingin menjadi seperti kita, atau bahkan melampaui kita. Mungkin bagi kita apa yang kita lakukan bukanlah sesuatu yang istimewa, tetapi hal itu akan melekat di benak adik-adik sampai kapanpun. Bahwa pada tanggal 25 Januari 2016 saya pernah bertemu dengan senior saya dan itu adalah sesuatu yang luar biasa dan sangat menginspirasi. Mari kita buat pemerintah malu, dengan mengerjakan apa yang seharusnya mereka kerjakan.”

Pak Anies juga memberikan titipan semangat kepada para Relawan Kelas Inspirasi Magetan yang tidak bisa hadir dalam acara tersebut melalui sebuah video. Video ini juga akan kami tayangkan pada saat briefing relawan untuk memberi semangat kepada relawan pengajar dan relawan dokumentator yang hadir.
Previous
Next Post »

Kelas Inspirasi

Berhenti mengeluh tidaklah cukup.

Berkata-kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup.

Semua orang dapat turut ambil bagian dalam gerakan ini.

Lakukan aksi nyata.

Sekarang.

(Indonesia Mengajar)

×
Kelas Inspirasi Magetan