Terbang Bersama Cita - Cita Di Alastuwo

Gapailah cita-citamu setinggi mungkin. Demikianlah pepatah yang selalu menggema di diri saya. Masa SD merupakan masa yang terindah menurut saya karena di masa itu mulai ditumbuhkan untuk memiliki cita-cita. Termasuk profesi yang saya tekuni saat ini merupakan cita-cita saya di masa SD.

Mengajar anak SD membutuhkan perlakuan khusus, tidak bisa disamakan dengan mengajar mahasiswa. Anak SD memiliki pola pikir yang sederhana dan konkret sehingga pada masa ini harus ditanamkan banyak hal positif agar mereka terus mengingat hal positif tersebut hingga dewasa. 

Ini pengalaman pertama kali saya untuk mengajar anak SD. Sebenarnya hanya berbagi pengalaman saja. Pengalaman mengenai pekerjaan yang saya tekuni. Saya mendapat kesempatan untuk berbagi inspirasi di SDN Alastuwo 3. Adapun SDN Alastuwo 3 merupakan SD kecil pecahan dari SDN Alastuwo 2. Jumlah siswanya tidak banyak, hanya 33 anak. Walau banyak keterbatasan fasilitas belajar mengajar, namun anak-anak tetap bersemangat. Kepolosan  dan semangat mereka menjadi pemicu bagi saya untuk berbagi dan belajar bersama. 


Hal yang membuat saya tergelitik adalah ketika mengajar anak kelas 1. Mereka menanyakan apa itu mahasiswa Bu Guru? Saya hanya bisa berkata bahwa mahasiswa adalah siswa yang sudah besar. Di situ saya menyadari masa SD saya sudah terlampau jauh dengan masa SD mereka. Saya berbagi informasi mengenai pesan gizi seimbang. Hal yang saya tekankan bahwa sarapan pagi sebelum sekolah itu penting karena kalau perut meraka kosong bagaimana mereka dapat konsentrasi dengan baik ketika belajar?

Di akhir acara kami bersama melepaskan balon cita-cita. Semoga cita-cita mereka dapat terbang tinggi hingga di masa depan cita-cita mereka dapat terwujud dan semoga suatu saat nanti saya dapat melihat anak-anak SDN Alastuwo 3 dengan kesuksesan yang telah mereka miliki. Amin.

 ------------Terus bersemangat dalam menyebar kebaikan------------

Ayu Rahadiyanti
Relawan Pengajar Kelas Inspirasi Magetan #3
Profesi : Dosen
Rombel 01 : SDN Alastuwo 3
Kec. Poncol Kab. Magetan
Previous
Next Post »

Kelas Inspirasi

Berhenti mengeluh tidaklah cukup.

Berkata-kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup.

Semua orang dapat turut ambil bagian dalam gerakan ini.

Lakukan aksi nyata.

Sekarang.

(Indonesia Mengajar)

×
Kelas Inspirasi Magetan