Warna Baru di Kelas Inspirasi Magetan #3

Saya Ratna biasa dipanggil “Na” oleh teman-teman KI Magetan, kali ketiga ini saya mengikuti Kelas Inspirasi Magetan. Yap, dari KI Magetan #1 pada 29 September 2014, KI Magetan #2 pada 30 Maret 2015 dan baru saja berlangsung KI Magetan #3 pada 25 Januari 2016. Di Kelas Inspirasi saya sebagai relawan panitia dan relawan fasilitator, relawan panitia bertugas mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan pelaksanaan Hari Inspirasi. Sedangkan relawan fasilitator bertugas sebagai fasilitator dalam suatu rombel pada saat Hari Inspirasi, dalam satu rombel terdiri dari relawan fasilitator, relawan pengajar dan relawan dokumentator.

Kelas Inspirasi Magetan #3 diselenggarakan di 13 Zona Inspirasi di Kecamatan Poncol, yang terdiri dari 11 SD dan 2 MI. Zona Inspirasi tersebar di wilayah Kecamatan Poncol dan letaknya lumayan berjauhan antara zona satu dengan zona lainnya. 

Hari Inspirasi kemarin berbeda dengan Hari Inspirasi sebelumnya, karena sempat temasuk dalam #gakduwerombel dan juga ingin safari rombel (keliling dari rombel satu ke rombel lain). Akhirnya safari rombel terpenuhi, pagi itu berangkat terlebih dahulu ke Rombel 10 SDN Gonggang 4 yang lumayan jalannya berbelok-belok dan banyak tanjakan serta turunan tajam. Dengan medan seperti itu harus benar-benar bakoh (kuat) hehehe. Sebelumnya di tengah jalan bertemu dengan Wahid (PJ Rombel 9 Zona Inspirasi SDN Gonggang 2) menyerahkan sertifikat KI Magetan yang belum diambil. Melanjutkan perjalanan kembali dan sampailah di Gonggang. Seperti biasanya kedatangan KI Magetan di Hari Inspirasi selalu disambut dengan meriah oleh siswa-siswa SD yang menjadi Zona Inspirasi, tak terkecuali SDN Gonggang 4.

Mereka sangat antusias dan mungkin dalam hatinya “ini siapa yaa, kakak-kakak yang berbaju hitam?”. Semua guru, siswa dan relawan fasilitator, relawan pengajar dan relawan dokumentator berkumpul di halaman mengikuti Upacara Bendera. Hemm, Upacara Bendera inilah yang saya tunggu-tunggu setiap kegiatan KI. Kenangan-kenangan saat menjadi petugas upacara saat masih sekolah selalu tergiang-ngiang. Ikut menyanyikan Lagu Indonesia Raya dengan penuh semangat itu sangat luar biasa, terkadang kata-kata tidak bisa mewakili perasaan saya. 
Upacara Bendera di Rombel 10 SDN Gonggang 4.
Selesai upacara, acara dilanjutkan dengan perkenalan relawan satu-persatu. Siswa-siswi menyambut dengan suka cita dan tepuk tangan yang meriah. Sesi Ice Breaking (IB) pun dimulai dengan tepuk gembira, Pinguins Dance, dan permainan tangkap kelinci. Pukul 08.00 WIB, sudah saatnya masuk kelas untuk istirahat dan persiapan relawan pengajar memberikan cerita mengenai profesi dan memotivasi siswa-siswi SDN Gonggang 4. Saya berdiskusi dengan fasilitator rombel 10, yaitu Redika dan Nurul mengenai Rundown saat acara. Sekitar pukul 08.30 WIB saya berpamitan dengan mereka, safari saya masih harus berlanjut. Sebelumnya saya bertanya pada Redika dan Nurul, “Sudah bakoh? (menandakan mereka sudah bisa menguasai acara dan siap untuk acara penutupan)”. Mereka pun menjawab “Sudah”, perasaan lega langsung menyeruak, karena saya teringat dengan sertifikat KI Magetan Rombel 6.

Sepanjang perjalanan memikirkan apakah sampai pada waktu yang ditargetkan sekitar pukul 09.00 WIB mengingat Rombel 6 yang letaknya diujung barat Kecamatan Poncol, sedangkan Rombel 10 letaknya paling selatan Kecamatan Poncol. Menyempatkan ke Rombel 5 Zona Inspirasi MI Al Hidayah (karena sejalur dengan SDN Gonggang 4), melihat sebentar jalannya kegiatan inspirasi dan bersalaman dengan relawan pengajar yang menunggu untuk masuk ke kelas. Setelah itu melanjutkan kembali perjalanan safari rombel, melewati jalan berbelok-belok dan kalau kali ini medannya sangat tajam sekali.

 Setengah jam kemudian sampailah di Rombel 6 Zona Inspirasi SDN Genilangit 2 yang disambut dengan hawa dingin, karena letaknya yang paling tinggi dari Zona Inspirasi lainnya. Sertifikat KI Magetan saya serahkan ke Rombel 6, seharusnya sudah dibawa sehari sebelumnya tetapi rombel 6 lupa akhirnya saya yang mengantarkan. Kebetulan saat itu teringat daftar hadir refleksi yang belum dikerjakan, dengan wajah yang sudah sangat lelah meminta tolong Mas Yula (PJ Rombel 6) untuk membuatkan daftar hadir. Karena kendala teknis yang terjadwal 15 menit selesai, hemm  ternyata melebihi target hampir 1 jam saya dan Mas Yula bergelut dengan komputer dan printer (padahal harus segera turun ke rombel 3 yang letaknya di Timur Kecamatan Poncol, bisa dibayangkan safari saya benar-benar luar biasa hehehe).

Pukul 10.15 WIB saya mampir sebentar ke tempat refleksi KI Magetan (setelah hari inspirasi biasanya KI Magetan langsung mengadakan refleksi dalam satu hari) memastikan daftar hadir sudah ditempatnya, koordinasi dengan staf Kelurahan Genilangit (tempat refleksi di pendopo Kelurahan Genilangit). Selanjutnya safari menuju Rombel 3 Zona Inspirasi SDN Cileng 1 yang letaknya lumayan jauh tapi jalannya tidak seperti rombel sebelumnya. Dengan wajah yang ceria saya memasuki SDN Cileng 1, berharap masih bisa mengintip pengajaran di kelas dan melihat ekspresi siswa. Tetapi alangkah terkejutnya saya ketika rombel 3 sudah selesai pengajaran dan akan penutupan (mungkin memang belum beruntung menyaksikan suasana pengajaran).

Hemm, baiklah, setidaknya bisa merasakan penutupan (menghibur diri). Penutupan rombel 3 diwarnai dengan adanya penerbangan pesawat, pohon cita-cita dan penerbangan balon cita-cita. Saat penerbangan pesawat saya ikut melompat dengan siswa-siswa, guru, dan semua relawan. Dengan hitungan 1 sampai 3, hitungan kesatu kita semua memegang pesawat, hitungan kedua kita mengangkat tangan dan pesawat dan hitungan ketiga, kita melompat setinggi-tingginya dan menerbangkan pesawat. Suara-suara terdengar, gelak tawapun menyeruak dengan kerasnya dan itu terulang beberapa kali (masih terbayang suara dan tawa mereka saat itu, sempat ada yang tidak mendapatkan pesawat tetapi mereka semangat untuk melompat termasuk saya). Mungkin muncul pertanyaan mengapa menerbangkan pesawat? Emmmhhh saya mempunyai jawaban atas pertanyaan tersebut, jadi dengan penerbangan pesawat diharapkan siswa-siswi SDN Cileng 1 mempunyai mimpi setinggi-tingginya dan dapat mewujudkannya menjadi kenyataan serta suatu saat akan mendarat atau tidak lupa asal usulnya sehinga ketika menjadi sukses tidak melupakan jati dirinya.

Penerbangan Pesawat Cita-cita Rombel 3 SDN Cileng 1.

Penutupan berikutnya adalah pohon cita-cita, siswa-siswi menuliskan cita-cita mereka pada kertas (kertas dibentuk daun, bunga dan buah) yang dilekatkan pada sebuah banner berbentuk pohon. Pohon cita-cita dapat mengingatkan mereka untuk selalu berusaha, berdoa dan tidak pernah menyerah untuk meraih mimpi dan cita-cita. Karena pohon yang awalnya kecil akan tumbuh berkembang sesuai dengan tanah saat pohon itu tumbuh dan siapa yang memupuknya. Saat penempelan pohon cita-cita sangat riuh dan pecah, mereka tidak sabar untuk segera menempelkan cita-citanya. Jadi harus ekstra sabar dan membudayakan antri supaya mereka tertib dan pohon cita-cita akan terbentuk. Dan penutupan yang terakhir adalah balon cita-cita, yang tak kalah seru dengan penutupan sebelumnya. Mereka mendapatkan balon satu-persatu dan kemudian akan diterbangkan. Salah satu guru mewakili untuk memimpin pelepasan balon yang merupakan simbol dari cita-cita. Jangan pernah berhenti bermimpi dan raihlah cita-citamu setinggi langit!.

Pohon Cita-cita Rombel 3 SDN Cileng 1.

Sebelum kembali ke Pendopo Kelurahan Genilangit menyiapkan refleksi, menyempatkan foto bersama dengan dengan Rombel 3 SDN Cileng 1. Tak lupa memberikan sedikit masukan kepada relawan pengajar, siswa dan guru untuk memberikan testimoni terkait dengan kegiatan. Saat pengambilan video testimoni untuk siswa yaitu Rendika dan Windi, saya terharu dengan mereka. Dengan hanya latihan sekali mereka langsung lancar menceritakan pengalamannya hari itu. Mereka senang dan kegiatan inspirasi memberikan semangat untuk belajar dan mengejar cita-cita. Setelah itu pamitan, langsung menuju tempat refleksi sambil sedikit meneteskan air mata sepanjang perjalanan. Terharu. 

Testimoni Siswa SDN Cileng 1.

KI Magetan #3 tanggal 25 Januari 2016 telah memberikan warna dan rasa baru bagi saya. Safari rombel yang memang melelahkan tetapi sekaligus mengasyikkan karena bisa mengetahui kegiatan inspirasi di rombel lainnya. Pengalaman baru dan luar biasa. Rasanya rindu ini terobati, tersampaikan saat Hari Inspirasi KI Magetan #3. Boleh dibilang begitu, saya selalu merindukan KI, menikmati setiap proses dan kegiatan inspirasi terutama KI Magetan. Membayangkan wajah lugu, senyum manis, dan tawa canda siswa-siswi SD mengobati rindu akan masa-masa sekolah 

Foto Bersama dengan Rombel 3 SDN Cileng 1.

Terimakasih kepada Rombel 3 (mereka menamai rombel Rombel Balado :D) : 
a. Relawan fasilitator: Pria, Eko, Norma, Ika dan Tiara,
b. Relawan pengajar: Mbak Rika, Mbak Ika, Mas Hadi, Mas Surya, dan Mas Rudi,
c. Relawan Fotografer: Ryan dan Dhanky

Dan saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh relawan Kelas Inspirasi Magetan #3. Kalian luar biasa!. Sampai jumpa di KI Magetan selanjutnya.


Sri Dwi Ratnasari
Relawan Fasilitator KI Magetan #3
Profesi : Dosen
Rombel Campuran
Kec. Poncol Kab. Magetan
Previous
Next Post »

Kelas Inspirasi

Berhenti mengeluh tidaklah cukup.

Berkata-kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup.

Semua orang dapat turut ambil bagian dalam gerakan ini.

Lakukan aksi nyata.

Sekarang.

(Indonesia Mengajar)

×
Kelas Inspirasi Magetan