Injury Time

“Daftar...enggak...daftar...enggak... daftar...enggak.....hmm..bingung juga ya...”
Tapi akhirnya daftar juga ikutan Roadshow Kelas Inspirasi Magetan. Itu pun mengisi data persyaratan relawan dengan gaya sekenanya aja. No hope akan terpilih. Karena daftarnya lumayan mepet. Kira-kira satu minggu sebelum hari-H Roadshow. Kaya gini mungkin : “ahh...iseng daftar ajalah..diterima syukur, ditolak nembak lagi..eh..ditolak ya udah.”, haha..

Injury Time - Babak 1
Sampai akhirnya hari Kamis, 1 September dapet sms dari KI Magetan (mbak Ratna, ya?). Isinya pun bisa ditebak. Yup...ACCEPTED...!! Well...antara seneng di hati dan senep di perut jadi satu. Pasalnya, sms itu datang pas “Injury Time”. Jum’at besoknya harus briefing, Sabtu udah ngajar. Aku bukan guru yang memang terbiasa ngajar tiap hari. I’m just an Entertainer. Udah pasti lah agak kelabakan nyiapin semua keperluan buat ngajar anak-anak. Memang sih dulu pernah ikutan KI #3. Tapi saat itu persiapan lebih matang. Briefing H-7. But this....?? Briefing H-1...hebat kan?? Hahaha.

Fine....apapun harus dilakukan demi suksesnya Roadshow KI Magetan. Peralatan ngajar seperti saat ikutan KI #3 dulu, akan aku bawa ke SDN Ngariboyo 4, sekolah tempat kita para relawan pengajar mencoba menjadi inspirasi bagi anak-anak di sekolah itu.

Injury Time (Babak 2)
Jum’at malam setelah briefing, aku buru-buru balik kantor buat ngumpulin peralatan yang sama saat KI #3 dulu. Kalau dalam sepakbola, injury time yg dikasih sama wasit cuma 2 menit..!! Wuss..wusss...harus menyerang dengan cepat agar bisa segera bikin gol.

Tapi dasar penyiar, selalu aja bisa berimprovisasi, haha. Kalau dulu ga kepikiran ngajak anak-anak praktek siaran radio, kali ini ide itu tiba-tiba aja muncul. The Power Of Kepepet kata mereka, haha..

Penalty Shootout
Kita ngumpul di SDN Ngariboyo 4, perkenalan dengan kepala sekolah, staff pengajar dan murid-murid. Eh, kita disambut tim drum band sekolah juga lho. Sesuatu yang ga pernah terjadi sebelumnya. Emejing banget kan?!

Di RKIM ini, aku kebagian ngajar di 4 kelas. Whaattt??? 4 kelas?? Yup...!! Seperti kena hukuman tendangan penalty kan?! Udah kebayang lelahnya seperti apa. Dan benar aja... capeeeekkkk banget. But it was fun...really.

Roleplay Penyiar Radio


Di kelas 5 dan 4, anak-anak aku ajak roleplay siaran sebagai penyiar radio dan pendengar. Kaya request lagu dan kirim salam gitu. Mereka pun excited banget belajar siaran. Bahkan in the end...ada satu anak yang punya cita-cita menjadi Penyiar Radio. Namanya Rifai...#Hi5 boy..!! Cuma satu...iya, cuma satu diantara puluhan temennya yang lain. Unik kan?? Pekerjaan sebagai penyiar radio tuh emang unik (sama kaya profesi Ilustrator ya, mas Roni..), hehe.

Cita-cita Rifai


Sementara di kelas 3 dan 2, kita cuma bermain-main. Materi tentang keradioan hanya sedikit yang aku sampaikan. Mungkin karena faktor kelelahan sehabis istirahat, baik aku sendiri maupun anak-anak, haha... Tapi seru kok. Mereka yang tadinya capek, males-malesan, akhirnya antusias ikut bermain dan menyanyi bareng sampai puasssssss...!!!



Udah ah.......wasit udah niup peluit panjang, tanda pertandingan selesai, hehe. Kalau pengen lebih lengkap lagi tentang Roadshow KI Magetan kali ini, cek aja tulisan temen-temen relawan pengajar RKIM yang lain. Seru-seru kok. Ada mas Roni (Ilustrator), mas Yudho (Pegawai Pajak), mas Reno (TNI-AU), mbak Punk (Dosen) dan si anak hilang dari Jekardah, mbak Nandika (Dokter), haha... Pasti cerita mereka lebih seru, karena ini pengalaman pertama mereka, dan tentunya lebih PECAAAHHH..!!

Thanks to :
Relawan Pengajar dan Fasilitator...You Guys Are Rawwrrkkk...!!

Hopefully we’ll meet again di KI Magetan #4. Fighting..!!

Nur Alim
Relawan Pengajar
Roadshow Kelas Inspirasi Magetan
SDN Ngariboyo 4
Profesi : Penyiar Radio
Previous
Next Post »

Kelas Inspirasi

Berhenti mengeluh tidaklah cukup.

Berkata-kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup.

Semua orang dapat turut ambil bagian dalam gerakan ini.

Lakukan aksi nyata.

Sekarang.

(Indonesia Mengajar)

×
Kelas Inspirasi Magetan