Ayo Ikut Kelas Inspirasi Magetan 6 Menyapa Anak-Anak di Plaosan


Setelah dilaksanakan terakhir kali pada bulan November 2017, Kelas Inspirasi Magetan kembali digelar di tahun 2019 ini. Kali ini, Kelas Inspirasi Magetan akan dilaksanakan di Kecamatan Plaosan, sebuah kecamatan yang berada di bagian barat Kabupaten Magetan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Daerah-daerah Kecamatan Plaosan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30-45 menit dari pusat kota Magetan.

Telaga Sarangan

Kecamatan Plaosan terkenal dengan kawasan wisata Telaga Sarangan. Wilayah kecamatan ini terletak di kawasan dataran tinggi dengan cuaca yang dingin. Kondisi geografis dan iklim tersebut, mendukung Kecamatan Plaosan sebagai penghasil sayuran. Daerah Plaosan juga dikenal sebagai daerah lokasi peternakan sapi dan ayam. Untuk mendukung pariwisata, penduduk Kecamatan Plaosan juga menghasilkan oleh-oleh khas dalam bentuk kerajinan tangan seperti anyaman bambu dan cemilan seperti enting-enting, walangan singkong dan bolu khas Magetan. Kecamatan Plaosan juga terkenal dengan Batik Sidomukti dengan motif pring sedapur yang menjadi salah satu ikon khas Magetan.
Ibas Yudhoyono Memakai Batik Sidomukti Magetan
Kecamatan Plaosan terbagi menjadi 2 kelurahan dan 13 desa. Kelas Inspirasi Magetan yang keenam kali ini akan dilaksanakan di 10 sekolah, yang biasa dikenal dengan Zona Inspirasi, yang tersebar di 10 desa. Zona Inspirasi Kelas Inspirasi Magetan. Sepuluh zona Inspirasi tersebut adalah : 

Zona Inspirasi Kelas Inspirasi Magetan #6


1.       SDN Bogoarum 2
2.       SDN Bulugunung 4
3.       SDN Plaosan 4
4.       SDN Plumpung 2
5.       SDN Puntukdoro 3
6.       SDN Randugede 2
7.       SDN Sendangagung 1
8.       SDN Buluharjo 1
9.       SDN Sidomukti 1
10.   SDN Ngancar 2


Tertarik mengunjungi Plaosan dan berbagi cerita dengan anak-anak di sana? Yuk daftar di Kelas Inspirasi Magetan sebagai relawan pengajar ataupun relawan dokumentator. Kelas Inspirasi Magetan 6 akan dilaksanakan tanggal 29 Juli 2019, yang akan dilanjutkan dengan refleksi. Sebelum kegiatan, briefing akan dilaksanakan tanggal 28 Juli 2019.
Bolu Telur Magetan

Ayo buruan, kapan lagi menikmati dinginnya Plaosan sambil menceritakan profesi Anda kepada anak-anak di Plaosan. Setelahnya, kita bisa bersantai menikmati Telaga Sarangan, sambil makan pecel khas Magetan dan sate kelinci yang tidak kalah enaknya.

Ayo, anak-anak Plaosan menunggu kalian. Pendaftaran relawan pengajar bisa melalui tautan s.id/pengajarkimag6 dan pendaftaran relawan dokumentator bisa melalui tautan s.id/dokumentatorkimag6


Newest
Previous
Next Post »

Kelas Inspirasi

Berhenti mengeluh tidaklah cukup.

Berkata-kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup.

Semua orang dapat turut ambil bagian dalam gerakan ini.

Lakukan aksi nyata.

Sekarang.

(Indonesia Mengajar)